Sabtu, 07 Januari 2017

Analisa swot "AYAM BROILER"

Di postkan oleh, Ida wahyuni


Analisa SWOT yang digunakan untuk usaha ayam broiler adalah sebagai berikut :

1. KEKUATAN ( STRENGHT )
a.Tidak membutuhkan tenaga kerja yang banyak
b.Tidak memerlukan waktu yang begitu lama untuk setiap kali panen.
c. Prospek atau peluangnya cukup besar untuk dikembangkan
d. Memberikan pendapatan/keuntungan yang cukup besar.

2. KELEMAHAN ( WEAKNES)
a. Bila anak ayam terserang penyakit atau stres sulit untuk dipulihkan.
b. Memerlukan keahlian dan keuletan yang lebih dalam mengenai beternak ayam
c. Cukup sulit mendapatkan anak ayam yang sehat
d. Banyak jenis usaha yang sama sebagai pesaing

3. PELUANG ( OPPORTUNITIES )
a. Adanya lahan yang luas dapat di gunakan untuk perternakan
b.Banyak nya persaingan antara perternakan sehingga menjadikan usaha ini banyak di minati.
c.Usaha ini cukup menguntungkan karna banyak peminatnya
d. permintaan pasar terhadap daging ayam potong sangat lah tinggi. sehingga usaha ternak ayam broiler

4. ANCAMAN ( THREATS )
a.Ayam broiler sangat mudah stress
b. Dari segi pemeliharaan munculnya bermacam- macam penyakit pada saat pergantian musim sering terjadi.
c. harga pakan ternak yang tidak stabil




STRENGHT
WEAKNES
OPPORTUNITIES
THREATS
INTERNAL
.a.Tidak membutuhkan tenaga kerja yang banyak
b.Tidak memerlukan waktu yang begitu lama untuk setiap kali panen.

a. Bila anak ayam terserang penyakit atau stres sulit untuk dipulihkan.
b. Memerlukan keahlian dan keuletan yang lebih dalam mengenai beternak ayam
c. Cukup sulit mendapatkan anak ayam yang sehat

a. Adanya lahan yang luas dapat di gunakan untuk perternakan
a.Ayam broiler sangat mudah stress
b. Dari segi pemeliharaan munculnya bermacam- macam penyakit pada saat pergantian musim sering terjadi.
EKSTERNAL
c. Prospek atau peluangnya cukup besar untuk dikembangkan
d. Memberikan pendapatan/keuntungan yang cukup besar.

d. Banyak jenis usaha yang sama sebagai pesaing.

b.Banyak nya persaingan anatar perternakan sehingga menjadikan usaha ini banyak di minati.
c.Usaha ini cukup menguntungkan karna banyak peminatnya
d. permintaan pasar terhadap daging ayam potong sangat lah tinggi. sehingga usaha ternak ayam broiler
c. harga pakan ternak yang tidak stabil






MENCARI SOLUSI

PELUANG (OPPORTUNITIES)
        Karena banyaknya permintaan pasar terhadap daging ayam potong sangatlah tinggi , sehingga menyebabkan usaha ayam broiler banyak diminati para peternak yang mencari peluang pasar dan konsumen 

S-O (KEKUATAN-PELUANG)
1. Memberikan vaksin kepada bibit serta indukan agar tidakmudah terserang penyakit.

2. Membersikan kandang secara rutin agar tidak menyebabkan ayam mudah stress.

3. Memilih tenaga kerja professional agar peternakkan tidak perlu mengganti tenaga kerja , agar ayam terbiasa dengan penanganannya sehingga ayam tidak mudah stress.
ANCAMAN (THREATS)
1. Ayam broiler sangat mudah terkena penyakit serta stress .
2. harga pakan ternak tidak stabil
S-T (KEKUATAN-ANCAMAN)
1. Peternak rutin melakukan pengecekan kesehatan terhadap ayam
2. Membuat pakan ternak sendiri dengan ransum yang sesuai standar, namun dengan bahan yang mudah di dapatkan serta dengan harga yang terjangkau.
W-T (KELEMAHAN-ANCAMAN)
1. Peternakan memiliki tenaga kerja profesional yang ahli dalam menangani kesehatan ayam broiler yang mudah terserang penyakit dan sangat sulit pemulihannya.
2. Dengan tenaga kerja yang profesional ini akan menangani vaksin dan pengecekan kesehatan ayam sehingga kesehatan ayam broiler terkontrol dan tidak akan terjangkit penyakit.



KESIMPULAN
Dari kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman dapat disimpulkan strategi pengembangan agribisnis ayam broiler sebagai berikut :
1. Memiliki tenaga kerja yang ahli, professional, skill, serta keuletan dalam mengolah peternakan ayam broiler sehingga dapat menangani segala macam kelemahan dan ancaman yang ada di dalam agribisnis ini.
2. Memberikan pakan yang sesuai secara teratur agar kebutuhan protein dan nutrsi ayam terpenuhi, sehingga menghasilkan ayam broiler yang berkualitas.
3. Memberikan vaksin secara terpadu agar kesehatan ayam tetap stabil.
4. Memiliki mitra usaha yang tersebar sehingga pemasaran lebih mudah dan lebih cepat sampai ke konsumen.

2 komentar: